Buah Manggis

Walaupun tidak dijadikan sebagai buah santapan setiap hari, tetapi buah manggis sangat mudah diperoleh dipasar tradisional amupun pasar modern. Namun, tahukah Anda bahwa dibalik rasanya yang manis-asam dan menyegarkan itu terkandung senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan? Buah manggis yang sering disebut dengan ratu buah (queen of fruits) mengandung senyawa aktif seperti vitamin, katekin (antioksidan), polisakarida, dan stilbenes. Selain itu, terdapat senyawa aktif lain yang menjadi buah bibir dikalangan peneliti karena keunikannya.

Senyawa aktif dalam buah manggis tersebut adalah xanthones yang telah terbukti secara ilmiah memiliki beragam manfaat. Khasiat xanthones antara lain sebagai anti-aging (membantu memperlambat penuaan), anti-oksian (menangkal radiasi bebas), membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensu, modulator kekebalan tubuh (membantu meningkatkan respon kekebalan tubuh), cardio-protectif (membantu melindungi jantng), emcnegah osteoporosis (membantu mendukung massa  atau kekimpakan tulang), membantu system pencernaan, memacu pertumbuhan sel darah merah, antivirus (membantu menanggulangi infeksi virus), antibiotic (membantu menanggulangi infeksi bakteri), antijamur (membantu menanggulangi infeksi jamur), membantu menurunkan berat badan, antiradang, antilesu, antitumor, hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) atau anthiatherosklerosis (mengatasi penyumbatan pembuluh darah), antidepresan, anti-alzhermerlan (membantu mencegah demensia atau pikun), anti-arthritis (mencegah arthritis ata rematik), atipiretik (menurunkan demam), antidiare dan antineuralgik (mengurangi sakit sarafa, misalnya neuropati diabetes).

Dalam buah manggis terdapat 40 xanthones beberapa diantaranya yang banyak diteliti adalah alfa-mangostin, gamma-mangostin, dan garcinone E. senyawa kulit xanthones dapat ditemukan diseluruh bagian buah manggis, kandungan tertinggi berada dalam kulitnya (pericarp). Namun, jangan buru-buru mengonsmsi kulit buah manggis seperti lazimnya Anda mengosumsi daging buahnya. Anda pasti tidak mau mengonsumsi kulitnya dalam keadaan utuh, bukan? Untuk memperoleh xanthones dalam jumlah banyak. Anda dapat membuat jus buah manggs dan keseluruhan buah manggis yang meliputi kulit, daging, maupun bijinya. Berikut langkah-langkah pembuatan jus buah manggi yang dapat Anda lakukan;

  1. Pilih buah manggis yang masih segar, berkulit mulus, dan sudah masak.
  2. Sebelum diblender, cuci buah dengan air bersih untuk membuang kotoran-kotoran yang menempel pada kulit buah manggis termasuk mencuci residu pestisida yang mungkin ada.
  3. Jika perlu tambahkan buah-buahan dan sayuran lain sesuai dengan selera Anda. Buah-buahan yang dapat digunakan antara lain apel, pisang, ceri, papaya, pir, kiwi, stroberi, nanas, dan tomat. Sementara sayuran yang dapat dipilih yaitu seledri, wortel, baya, atau selada. Perbandingan berat antara buah manggis dengan buah-buahan lain atau sayuran tersebut disarankan sekitar 1 : 4 .
  4. Agar segar, tambahkan air matang dengan perbandingan 4 bagian air dan 1 bagian jus.
  5. Minum jus tersebut secara teratur tiga kali sehari selama tiga minggu. Niscaya penyakit yang Anda derita akan membaik atau tubuh Anda yang sehat dapat menjadi lebih bugar.

 

This entry was posted in Xamthone Plus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.